ipin's blog

best practices don't come easy, it comes with a passion for self-improvment

How to use bit.ly REST API

leave a comment »

Saat ini hampir semua aplikasi yang berbasis web maupun mobile memiliki fitur share ke beberapa jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Beberapa minggu yang lalu kebetulan saya mendapat tugas untuk menambahkan fitur share link berita ke twitter untuk aplikasi mobile, namun yang saya bahas kali ini adalah bagaimana menggunakan shorten link dengan memanfaatkan layanan bit.ly.  Lain waktu mungkin akan saya tulis juga bagaimana share menggunakan API twitter.

Lalu apa hubunganya dengan share ke twitter? Sesuai dengan kategorinya sebagai microblogging twitter hanya mengijinkan sebanyak 140 karakter untuk update atau share,  tentu saja hal ini menjadi masalah untuk mencantumkan url yang panjang dan belum lagi ditambah dengan text lainnya. Untuk itu lah kita menggunakan layanan shorten link seperti bit.ly untuk memendekan atau menyederhanakan link yang akan kita gunakan.

Bagi yang belum tau silahkan kunjungi http://bit.ly/ nya, bila anda hanya ingin memendekan url dapat langsung masukan url dan klik tombol shorten. Namun disini kita akan menggunakan REST API dari bit.ly karena kita akan memendekan url menggunakan code pemrograman dari aplikasi yang kita buat, jadi sebelumnya anda harus registrasi untuk mendapatkan account dan API key. Kemudian setelah memiliki account anda dapat melihat API key yang dapat anda gunakan di http://bit.ly/account/your_api_key , catat API key tersebut karena nantinya akan digunakan setiap kali kita akan mengakses API bit.ly.

REST API
API bit.ly dapat diakses melalui url :

  1. shorten (untuk menyederhanakan url)
  2. http://api.bit.ly/shorten?

  3. expand (untuk mendapatkan url asli)
  4. http://api.bit.ly/expand?

selain itu ada 2 parameter wajib yang harus disertakan dan 2 parameter optional, diantaranya :

  1. authentication (mandatory)
  2. semua API memerlukan autentifikasi query sebagai argumen
    login=username&apiKey=apiKey

  3. version (mandatory)
  4. semua API memerlukan versi sebagai indentitas
    version=2.0.1

  5. return format (optional)
  6. format default adalah json, tersedia juga dalam format xml
    format=json

  7. callback (optional)
  8. callback specifier untuk digunakan dengan format json
    callback=callback

Example
Untuk menggunakan bit.ly contohnya adalah :

  1. shorten
  2. http://api.bit.ly/shorten?version=2.0.1&longUrl=http://cnn.com&login=bitlyapidemo&apiKey=R_0da49e0a9118ff35f52f629d2d71bf07

  3. expand
  4. http://api.bit.ly/expand?version=2.0.1&shortUrl=http://bit.ly/31IqMl&login=bitlyapidemo&apiKey=R_0da49e0a9118ff35f52f629d2d71bf07

Anda dapat coba sendiri contoh diatas dan lihat hasilnya lalu silahkan artikan sendiri return response-nya kemudian intergrasikan ke dalam aplikasi buatan anda.

Written by yanuarseno

January 26, 2010 at 4:07 pm

Posted in API

Leave a comment